Apa itu Smart TV dan Manfaatnya

Apa itu Smart TV dan Manfaatnya

Smart TV pada dasarnya adalah TV yang dapat terhubung ke Internet yang memungkinkan Anda untuk melihat konten online seperti layanan streaming Netflix dan YouTube.

 Apa itu Smart TV?

smart tv
Sebuah smart tv

Definisi populer dari Smart TV adalah televisi biasa yang dapat terhubung ke Internet untuk mengambil konten.  Ini memberi pengguna kemampuan untuk mengakses lebih banyak konten yang secara tradisional tersedia melalui perangkat seperti set-top box dan pemutar Blu Ray.  Koneksi ke Internet dapat berupa kabel atau nirkabel,  sebagian besar Smart TV saat ini memiliki port Ethernet untuk konektivitas kabel, dan juga dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Perangkat Streaming Media untuk Smart TV

Setelah terhubung, TV akan dapat mengakses Internet untuk mengambil konten dari sejumlah sumber, termasuk layanan streaming, jaringan sosial medi, dan situs web.  Konten yang paling cocok untuk layar lebar dapat ditemukan pada layanan streaming, yang dapat digunakan untuk melakukan streaming film, serial TV, video musik, dan video online.  Layanan streaming populer seperti Netflix, YouTube, Amazon Prime Video, dan Hotstar dapat diakses di layar lebar ketika Anda memiliki Smart TV.

Smart TV berfungsi sangat mirip dengan smartphone, menggunakan aplikasi yang terpasang atau diinstal dalam antarmuka. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk menelusuri aplikasi yang akan memberikan akses ke layanan yang dioptimalkan untuk layar lebar.  Antarmuka Smart TV sering dirancang untuk dikendalikan oleh remote TV, tetapi banyak TV pintar yang juga menawarkan remote ‘mouse wireless’, yang memungkinkan Anda untuk memindahkan penunjuk seperti mouse komputer dengan menggunakan gerakan tangan.

Konten apa yang dapat saya temukan di Smart TV?

Jenis konten terbaik yang dapat Anda akses di Smart TV berasal dari layanan streaming.  Sistem operasi dan antarmuka Smart TV memiliki aplikasi untuk layanan streaming populer, memberikan pengguna kemampuan untuk mengakses berbagai macam film, serial TV, dan banyak lagi.  Banyak layanan streaming ini berbayar dan berbasis langganan, tetapi beberapa layanan utama menawarkan banyak konten audio dan video secara gratis.

Selain itu, streaming audio juga tersedia di banyak platform Smart TV. Fitur ini menawarkan pilihan untuk menggunakan speaker TV atau perangkat audio hiburan rumah yang terhubung ke TV untuk memutar musik dari berbagai layanan streaming.  Platform streaming seperti YouTube juga memungkinkan Anda menonton video musik, layanan musik lainnya seperti Spotify, JioSaavn, dan Hungama Music juga memiliki aplikasi untuk banyak antarmuka Smart TV.

Anda juga dapat menampilkan sosial media di layar lebar dengan Smart TV.  Ini termasuk jaringan seperti Facebook, Twitter dan Instagram, yang semuanya tersedia di antarmuka Smart TV populer. Anda dapat menonton video dengan visual yang lebih baik, dan juga memungkinkan Anda berbagi pengalaman dengan keluarga dan teman.

Anda juga dapat mengakses situs web di banyak Smart TV seperti yang Anda lakukan di komputer atau smartphone.  Situs web terbuka seperti pada perangkat lain saat menggunakan browser web, dan Anda dapat menavigasi dan mengklik tautan secara normal.  Meskipun navigasi pada remote TV mungkin agak sulit, fungsinya memang menawarkan alternatif layar lebar untuk komputer atau smartphone Anda.

Apa perbedaan antara berbagai jenis Smart TV?

Sama seperti smartphone, Smart TV memiliki antarmuka dan pendekatan yang berbeda tergantung pada merek dan perangkat lunaknya. Pabrikan yang lebih besar seperti LG dan Samsung memiliki antarmuka Smart TV mereka sendiri.  Smart TV yang lain dapat menggunakan antarmuka pengembang seperti TV Android resmi, atau mengembangkan antarmuka dasar untuk TV mereka di atas platform open-source yang mapan seperti Android  dan Linux.

Keuntungan terbesar dari antarmuka lengkap seperti TV Android, webOS, atau platform berbasis Tizen Samsung, adalah ketersediaan dan dukungan yang lebih baik untuk aplikasi populer.  Produsen konten besar menyediakan aplikasi lengkap pada platform utama, sehingga Anda cenderung mendapatkan pengalaman aplikasi yang lebih baik pada platform utama ini.

Meskipun pembaruan firmware tidak sering terjadi, banyak produsen menawarkan update perangkat lunak untuk antarmuka Smart TV, terutama untuk mengatasi masalah bug dan fungsionalitas.

Haruskah saya membeli Smart TV?

Jawabannya sangat tergantung pada preferensi menonton Anda.  Jika Anda hanya menonton televisi kabel atau melalui set-top box, Smart TV tidak diperlukan dan Anda mungkin lebih baik berinvestasi di TV non-pintar yang layak.  Smart TV hanya akan berguna jika Anda menonton banyak konten online, dan idealnya berlangganan layanan streaming premium.  Namun, layanan seperti YouTube memiliki beragam konten yang tersedia untuk ditonton secara gratis.

Cara lain untuk melihatnya adalah dengan mempertimbangkan membeli perangkat streaming. Perangkat keras streaming yang layak adalah pengganti yang baik untuk antarmuka Smart TV, memberikan konektivitas dan akses yang sama ke aplikasi dan layanan, tetapi dengan antarmuka yang berbeda dan seringkali lebih baik.  Perangkat ini biasanya terhubung ke TV Anda menggunakan salah satu port HDMI, dan biasanya memiliki remote sendiri.  Ini mungkin berfungsi sebagai cara yang efektif untuk menambah kecerdasan ke TV biasa, atau bahkan meningkatkan kualitas pengalaman streaming Anda dengan menghadirkan kemampuan seperti streaming 4K dan HDR, serta antarmuka yang lebih halus.

Keuntungan Smart TV

Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki Smart TV.

Terhubung ke Internet

Keuntungan utama dari Smart TV adalah memiliki sistem operasi dan dapat terhubung ke internet. 

Meningkatkan Tingkat Hiburan

Netflix, YouTube, dan Amazon Prime Video adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk streaming dan menonton film dengan biaya tertentu.  Ini memberi Anda banyak koleksi film yang dapat Anda tonton.

Anda juga dapat memutar lagu-lagu favorit Anda dan mendengarkan stasiun radio favorit Anda.  Semua ini yang tidak mungkin dilakukan untuk TV biasa.  Anda juga dapat berbagi media antara ponsel cerdas, komputer, dan TV pintar Anda.

Pengaturan Mudah

Smart TV mudah diatur, pengaturannya  sama dengan TV tradisional tetapi memiliki sistem operasi  seperti smartphone dan PC. Anda akan terbiasa dengan sistem operasi Smart TV.  Karena sangat sederhana dan lebih mudah dipahami daripada smartphone dan OS PC.  Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur catu daya dan koneksi internet.

Integrasi Otomatisasi dengan Smart Home

Smart TV dapat diintegrasikan ke dalam jaringan Smart Home tanpa cacat dan bekerja dengan baik dengan asisten suara seperti Google Assistant dan Amazon Alexa.

Smart TV memiliki fungsi pencarian suara yang dapat menemukan dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah Anda.  Anda dapat memberikan perintah ke Smart TV Anda untuk menghidupkan atau mematikan lampu, menonton rekaman kamera keamanan, mengontrol termostat dan lain-lain.

Setelah mengintegrasikan Smart TV ke perangkat Smart Home Anda,  TV dapat berfungsi sebagai pusat kontrol untuk banyak perangkat pintar di rumah Anda. 

Smart TV mutlak harus ada hanya jika Anda ingin mengakses konten streaming tetapi tidak ingin membeli perangkat streaming.  Jika Anda melihat kesederhanaan menggunakan satu remote untuk semua perangkat pintar Anda, dan memiliki kebutuhan untuk menggunakan aplikasi dan layanan streaming, sebuah Smart TV mungkin cocok untuk Anda.

Leave a Reply