Ini dia 10 Fitur yang ada di Google Nest Hub

Ini dia 10 Fitur yang ada di Google Nest Hub

Jika anda menginginkan perangkat teknologi buatan Google yang mengesankan, Google Nest Hub adalah pilihan terbaik saat ini. Dengan layar dan speaker pintar yang inovatif, ada banyak fitur menarik yang dapat anda coba.

Google Nest Hub menawarkan teknologi terbaik yang dapat Anda tambahkan ke koleksi rumah pintar Anda. Ketika anda sedang dirumah dan sendirian, Google Nest Hub dapat menemani dan membantu anda untuk melakukan berbagai hal.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa fitur Google Nest Hub yang sebagian besar berfungsi sebagai asisten pihak ketiga.

10 Fitur Google Nest Hub yang sebaiknya Anda Ketahui

1. Atur Rutinitas harian kamu di Nest Hub

Google Assistant Routines
Google Assistant Routines

Google Assistant Routines adalah fitur favorit yang dapat anda andalkan untuk dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi penting secara rutin.

Katakan saja “Good Morning” atau “Selamat Pagi” jika anda memilih dalam bahasa Indonesia, Google akan menjawabnya dengan panjang lebar yang infonya berguna untuk anda.

Melalui Nest Hub, Google Assistant akan memberikan berita hangat yang lagi top hari ini, lalu cuaca untuk beberapa waktu kedepan dan masih banyak lagi.

Dan yang menariknya lagi, tentu anda dapat melakukan kustomisasi melalui pengaturan yang sudah disediakan.

Anda dapat membuat dan mengedit Rutinitas Anda dengan membuka aplikasi google home melalui ponsel. Pada app Assistant, Tekan ikon profil Anda di sudut kanan atas, lalu pilih ‘Pengaturan asisten’, pilih tab Assistant, lalu pilih Rutinitas (Routines).

2. Terhubung dengan IFTTT

IFTTT
IFTTT

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu IFTTT, itu adalah sebuah singkatan dari If This Then That yang artinya menghubungkan ratusan layanan berbeda secara bersamaan.

Anda dapat menghubungkan berbagai platform media sosial, layanan rumah pintar, atau memposting tweet dengan perintah suara.

Google Nest Hub memungkinkan anda untuk melakukannya dengan IFTTT karena layanan ini dapat menghemat waktu dengan integrasi antar layanan web.

3. Kelola beberapa kalender

kalender
kalender

Anda dapat mengelola beberapa kalender untuk membuat acara yang anda punya melalui Google Nest Hub.

Secara default Google Nest Hub hanya menampilkan jadwal acara dari kalender yang telah Anda buat sebelumnya. Namun anda dapat melakukan modifikasi pengaturan untuk notifikasi kalender eksternal.

Caranya sebagai berikut, pertama buka aplikasi google home dari ponsel anda kemudian masuk ke pengaturan Assistant. Pilih layanan, lalu pilih kalender, anda dapat mengubah dan menambahkan kalender eksternal untuk google Nest hub anda.

Dengan menambahkan beberapa ekstensi pada pengaturan, Google Nest Hub dapat menampilkan jadwal acara yang berasal dari kalender eksternal. Jadi pastinya anda tidak akan lupa tentang segala jadwal yang telah anda rencanakan sebelumnya karena akan tampil pada layar nest hub dengan jelas.

4. Tambahkan semua layanan Anda

Atur beberapa layanan
Atur beberapa layanan

Ada banyak sekali fitur google nest hub yang menghubungkan layanan video, musik, dan radio favorit Anda ke Google Assistant.

Dengan layar yang lebih besar dari ponsel, anda bisa memutar media dari Netflix, Spotify, YouTube TV, dan platform lainnya langsung dari Google Nest Hub Anda.

Anda bisa menambah atau menghapus layanan pihak ketiga melalui aplikasi Google Home di ponsel Anda. Selain itu anda juga dapat menetapkan default untuk sebagian besar layanan, sehingga anda bisa mengatakan perintah yang lebih singkat kepada google Assistant.

5. Aktifkan suara start / stop

Aktifkan suara start / stop

Secara default Google Nest Hub tidak akan menyahut ketika anda menyapanya dengan panggilan “hei google” atau “ok google”. Jadi tidak ada kepastian apakah saat anda berbicara, perintah anda didengar olehnya atau tidak.

Fitur Aktifkan suara start / stop pada google nest hub dapat memberitahu anda untuk konfirmasi bahwa suara anda sedang didengar dengan baik ketika anda berbicara dengannya. Fitur ini cukup berguna bagi anda yang tidak ingin mengulang perintah karena alasan suara yang belum terdengar oleh speaker nest hub.

6. Mengubah bingkai foto

Mengubah bingkai foto
Mengubah bingkai foto

Google Nest Hub memiliki bentuk layar kotak yang dapat diletakkan dan dipindahkan kemana saja di setiap sudut rumah anda.

Secara default layar google nest hub akan menampilkan foto-foto terbaru yang diambil dari Google Photos library saat nest Hub tidak berinteraksi dengan anda dalam jangka waktu yang lama.

Jika anda tidak suka, anda bisa mengubah perilaku ini dengan memilih tampilan cerdas di aplikasi Google Home. Dengan mengetuk tombol Pengaturan yang berbentuk roda gigi, lalu pilih “Bingkai foto”.

7. Matikan layar di malam hari

Matikan layar di malam hari
Matikan layar di malam hari

Ketika tidur tentu anda ingin ruangan gelap yang bebas dari cahaya bukan ? Karena hormon tidur yaitu melatonin tidak akan diproduksi sempurna pada ruangan bercahaya terang.

Jika anda menaruh perangkat Google Nest Hub di kamar tidur, tentunya dapat mengganggu tidur anda karena sinar pada layarnya dapat membuat ruangan menjadi tidak gelap.

Dengan fitur matikan layar pada google nest hub, perangkat ini secara otomatis akan mendeteksi ruangan gelap gulita dan segera mematikan display pada layarnya.

8. Memutar konten film dan musik dengan praktis

Memutar konten film dan musik dengan praktis

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Google Nest Hub bisa digunakan untuk menonton video dari Youtube. Tetapi ternyata kelebihannya bukan hanya ini saja, salah satu fitur yang menarik yaitu fungsinya sebagai target chromecast.

Anda dapat memutar berbagai konten dengan praktis seperti musik, podcast, film dan menonton serial dari layanan seperti Hulu atau Disney plus.

Melalui nest Hub anda juga dapat melakukan jeda pada video yang sedang diputar dengan perintah suara seperti “Hey Google, pause”. Maka nest hub secara otomatis akan menghentikan pemutar media sampai anda memerintahkan play kembali.

Anda juga bisa menyalurkan game favorit Anda dari Twitch ke nest hub, melemparkan tab Chrome dari PC, dan masih banyak lagi.

9. Fitur Penerjemah yang canggih

Fitur Penerjemah yang canggih

Salah satu alasan kenapa Google menjadi perusahaan teknologi yang kuat yaitu karena Google selalu menggabungkan beberapa produknya ke sebuah produk yang baru.

Kita tentu mengenal betapa hebatnya mesin penerjemah buatan google yang diberi nama google translate. Kemampuannya dalam menerjemahkan bahasa dari waktu ke waktu semakin baik.

Lalu apa jadinya jika google translate, google assistant, dan google nest hub disatukan ? Hasilnya sudah pasti menciptakan fitur penerjemah yang sangat canggih.

Melalui Google Nest Hub anda dapat berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa yang berbeda. Google yang akan menerjemahkan bahasa dari masing-masing orang.

Meskipun sangat menarik namun anda harus bersabar karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum semua bahasa bisa diterjemahkan karena sturktur kalimat yang kompleks dan tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

10. Mencari di Google Photos

Mencari di Google Photos
Mencari di Google Photos

Fitur yang tidak kalah menariknya dari Google Nest Hub adalah anda dapat mencari foto-foto favorit anda dengan meminta bantuan assistant untuk menampilkan nya di layar Nest Hub.

Cukup katakan saja “Tunjukkan foto-foto saya waktu liburan di Bali” atau “Tunjukkan foto-foto ulang tahun saya”.

Dengan perintah tersebut maka Google akan melakukan pencarian pada aplikasi Foto Google dengan sangat akurat.

Leave a Reply